Bagaimana Prospek Kerja Lulusan STAN?

Spread the love

Bukanlah rahasia umum lagi apabila PKN STAN menjadi salah satu perguruan tinggi yang menjadi tempat tujuan dari banyak siswa sekolah yang ada. Alasannya, karena ada banyak keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan oleh mereka yang berhasil masuk dan lulus dari PKN STAN.

Salah satu keuntungan atau manfaat bagi kalian yang berhasil masuk dan akhirnya lulus dari PKN STAN, adalah penempatan kerja di dalam ruang lingkup Kementerian Keuangan atau Instansi Pemerintahan lainnya. Bukan hanya bekerja saja, bahkan kalian langsung mendapatkan status sebagai CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil.

Memang benar, kalau ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kalian peroleh. Tapi untuk bisa mendapatkan itu semua diperlukan perjuangan yang berat juga loh. Kalian harus benar – benar mempersiapkannya agar tidak menyerah dan berhasil melaluinya.

Politeknik Keuangan Negara STAN, memang sudah terkenal sebagai salah satu sekolah kedinasan Negara Indonesia dengan pendaftar yang sangat banyak tiap tahunnya. Walaupun dari banyaknya pendaftar tersebut, tidak sampai setengah yang diterima bahkan bisa lebih sedikit lagi.

Sedikitnya orang yang bisa diterima di PKN STAN, tidak mengurangi minat banyak siswa yang memiliki niatan untuk menempuh pendidikan di tempat tersebut loh. Sebenarnya, seperti apa sih prospek sebenarnya untuk para lulusan PKN STAN ini?

Prospek Kerja para Lulusan PKN STAN

Supaya kalian tidak semakin penasaran mengenai seperti apa prospek yang didapatkan dari para lulusan PKN STAN bisa langsung simak penjelasan di bawah ini :

1.      Menjadi CPNS

Setelah lulus dari PKN STAN, maka kalian akan langsung mendapatkan status sebagai CPNS tanpa perlu melakukan berbagai hal rumit yang biasanya dilakukan oleh selain lulusan sekolah kedinasan ketika mereka mau mendaftar sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS.

2.      Tahap Penempatan Kerja

Berikutnya, kalian akan mendapatkan informasi mengenai tempat kalian ditempatkan. Biasanya membutuhkan waktu beberapa saat dulu dari kalian wisuda baru mendapatkan informasi mengenai dimana kalian akan ditempatkan dan akan menjalani pelatihan terlebih dahulu selama beberapa bulan.

Beberapa tempat yang ditunjuk, masih dalam ruang lingkup Kementerian Keuangan seperti :

  • Sekretariat Jenderal Keuangan Republik Indonesia
  • Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan Republik Indonesia
  • Direktorat Jenderal Pajak
  • Direktorat Jenderal Bea dan Cukai
  • Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
  • Direktorat Jenderal Anggaran
  • Direktorat Jenderal Perbendaharaan
  • Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan
  • Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang
  • Badan Pemeriksa Keuangan
  • Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
  • Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan

Selain tempat yang baru saja kami sebutkan, masih ada beberapa tempat lain yang biasanya ditunjuk sebagai tempat kalian melakukan pekerjaan. Namun tetap saja masih dalam ruang lingkup Pemerintahan yang ada.

3.      Menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil

Bagi kalian yang lulus dari D3 PKN STAN, biasanya akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan golongan II C. Berbeda dengan kalian yang lulus dari D1 PKN STAN yang akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil dengan golongan II A.

Bagi kalian yang telah lulus dari PKN STAN juga diperbolehkan untuk dapat kembali melanjutkan pendidikan setelah bekerja selama kurang lebih Dua Tahun. Pendidikan lanjutan yang kalian lakukan itu bisa melanjutkan ke sekolah kedinasan kembali, atau ke perguruan tinggi lainnya.

Oh iya, untuk kalian yang menjadi pegawai negeri sipil dari lulusan PKN STAN ini, ada masa wajib kerja yang harus kalian penuhi nantinya.

Apabila kalian mengundurkan diri secara sengaja dari jabatan pegawai negeri sipil sebelum masa wajib kerja kalian itu habis, maka kalian harus membayar seluruh biaya saat kalian mengemban pendidikan di PKN STAN.

Menarik sekali bukan prospek yang bisa kalian dapatkan hanya dengan lulus dari PKN STAN ini? Dengan prospek sebagus ini, siapa yang tidak tertarik dan tidak ingin untuk dapat berkuliah di salah satu sekolah kedinasan negara satu ini?

Apabila kalian memang tertarik dan ingin sekali dapat mendapatkan pendidikan di PKN STAN, segera persiapkan diri dari sekarang agar perjuangan kalian bisa dilakukan dengan maksimal.

Persiapan Masuk PKN STAN yang Bisa Dilakukan

Ada beberapa persiapan yang bisa kalian lakukan dari sekarang supaya saat pembukaan seleksi PKN STAN dimulai, kalian sudah selangkah lebih maju jika dibandingkan dengan siswa yang lain. Persiapan itu adalah :

  • Mencari Bimbel STAN terpercaya dan yang sudah terbukti
  • Memperbanyak pelatihan soal yang sering muncul dalam tes PKN STAN
  • Mencari berbagai informasi terkait pendaftaran dan tes PKN STAN
  • Mempersiapkan tubuh dan diri untuk menghadapi seleksi kesehatan PKN STAN

Itu dia tadi beberapa persiapan yang bisa kalian lakukan dari sekarang. Dengan informasi ini semoga keinginan kalian untuk masuk PKN STAN bisa terwujud dan saat mengikut tes ujian masuk bisa berjalan dengan lancar.