Lulusan STAN Bisa Jadi Apa?

Spread the love

Saat lulus STAN akan jadi apa? Kami rasa rata – rata dari kalian sudah mengetahui hal itu bukan? Benar sekali, ketika kalian lulus dari STAN maka otomatis kalian akan langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil tanpa harus mengikuti tesnya lagi.

PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN termasuk salah satu sekolah kedinasan yang ada di Republik Indonesia. Oleh karena itu sudah pasti ketika kalian telah berhasil lulus dari sekolah ini maka kalian langsung mendapatkan ikatan dinas di instansi yang telah ditentukan.

Dengan kata lain, kalian langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil tanpa harus mengikuti berbagai seleksi PNS yang membingungkan itu. Itulah yang membuat ada banyak sekali orang yang berharap bisa masuk ke salah satu sekolah kedinasan yang ada di Indonesia ini, begitu pula dengan PKN STAN.

Tetap Menjadi Favorit

PKN STAN termasuk salah satu sekolah kedinasan favorit loh. Hal tersebut dapat kalian lihat dari semakin banyaknya jumlah pendaftar ke Perguruan Tinggi ini dari tahun ke tahun. Bahkan tidak heran apabila ada orang yang rela mendaftar beberapa kali supaya bisa menempuh pendidikan di PKN STAN.

Selain itu, memang ada beberapa alasan lainnya mengapa sekolah ini selalu menjadi sekolah kedinasan favorit banyak orang. Tentu saja alasan lain tersebut merupakan alasan yang bermanfaat bagi kalian semua. Kami yakin kalian juga pasti memiliki alasan tersendiri untuk dapat menempuh pendidikan di PKN STAN bukan?

Apa pun alasannya, kami harap kalian melakukannya dengan maksimal serta mempersiapkannya dari sekarang supaya peluang kalian untuk lolos seleksi menjadi lebih besar.

Tempat Bekerja para Lulusan STAN

Agar kalian semakin semangat untuk bisa masuk ke dalam PKN STAN, kami akan memberikan bocoran terhadap beberapa tempat yang akan menjadi tempat kerja dari para lulusan PKN STAN. Beberapa tempat tersebut adalah :

1.      Ruang Lingkup Kementerian Keuangan

Karena PKN STAN masih berada di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, maka sudah pasti kalian akan bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan yang ada di Indonesia. Ruang lingkup tersebut antara lain :

  • DJP atau Direktorat Jenderal Pajak

Dengan tugas merumuskan serta melaksanakan berbagai kebijakan dalam bidang perpajakan sesuai dengan yang telah diatur oleh Menteri Keuangan serta berlandaskan Undang – Undang yang ada.

  • Direktorat Bea dan Cukai

Biasanya kalian yang ditempatkan di tempat ini, akan dipekerjakan di sebuah bandara atau pelabuhan yang memang memiliki keterkaitan dengan Kepabeanan dan Cukai yang ada di Indonesia.

  • DJKN atau Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

Dengan tugas perumusan serta pelaksanaan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan bidang kekayaan negara, piutang, serta lelang.

  • DJPBN atau Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Memiliki tugas untuk merumuskan dan melaksanakan berbagai kebijakan perbendaharaan sesuai dengan kebijakan serta Undang – Undang yang berlaku.

2.      Instansi Pemerintahan Indonesia Lainnya

Selain bekerja di dalam ruang lingkup Kementerian Keuangan, para lulusan PKN STAN juga memiliki kesempatan yang besar untuk ditempatkan di berbagai Instansi Pemerintahan Indonesia lainnya. Beberapa instansi tersebut meliputi :

  • Kementerian Pertahanan
  • Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
  • Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional
  • Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman
  • Kementerian Pendayagunaan Nasional
  • Badan Perencanaan Pembangunan Nasional
  • Badan Pemeriksa Keuangan
  • Badan Narkotika Nasional
  • Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan

Menarik sekali bukan tempat bekerja kalian ketika kalian berhasil lulus dari PKN STAN? Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa ada banyak sekali siswa yang memiliki keinginan untuk dapat menempuh pendidikan di salah satu sekolah kedinasan satu ini.

Tips Memperbesar Peluang Masuk PKN STAN

Bagi kalian yang ingin memiliki peluang masuk PKN STAN yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang lain, maka kalian harus mempersiapkannya dari sekarang juga. Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk dapat memperbesar peluang kalian.

Tips tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Mencari dan memahami berbagai informasi mengenai jenis tes dan seleksi yang sering digunakan sebagai tes untuk masuk ke dalam PKN STAN
  • Mencari tempat Bimbel STAN terpercaya dan mengikutinya dari sekarang
  • Mencari info mengenai persyaratan dan berkas yang diperlukan serta mempersiapkannya dari sekarang
  • Menjaga kesehatan tubuh supaya badan tetap bugar ketika pembukaan PKN STAN sedang berlangsung
  • Perbanyak belajar dan latihan terkait soal – soal yang sering muncul saat tes PKN STAN

Itu adalah tips yang bisa kalian lakukan guna memperbesar peluang kalian untuk dapat lolos dari seleksi PKN STAN yang akan datang. Jadikan tips di atas sebagai referensi bagi yang hendak mendaftar di STAN.

Ingat, dengan banyaknya pesaing serta tes yang berat akan sangat sulit sekali untuk masuk PKN STAN ini. Namun, dengan berbagai keuntungan yang bisa kalian dapatkan setelah berhasil masuk dan lulus dari PKN STAN, patut untuk kalian perjuangkan.